Minggu, 15 Juli 2012

Violet Wings


Judul : Violet Wings
Penulis : Victoria Hanley
Penerbit : Ufuk Press
Halaman : 504 halaman
Tahun : Maret 2012 (Indonesia); 2009 (Asli)
Harga : 59.900
Genre : Fantasi 


Jalan Cerita :
Zaria Tourmaline adalah seorang peri yatim piatu yang tinggal bersama walinya Beryl yang pemarah dan menyebalkan namun dilubuk hatinya dia peduli pada Zaria, sifat khas anak remaja, dia kurang suka dengan walinya yang banyak aturan, dia tinggal di dunia gaib tempat para peri, jin, troll, kurcaci, dan makhluk gaib lainnya dididik. Dia begitu senang ketika menginjak usia 14 tahun dan lulus sekolah umum sihir, dia bisa mendapatkan tongkat sihir dan arloji ajaib yang dapat mengungkap derajat ilmu sihirnya (derajat ilmu sihir ditentukan oleh angka dan warna). Kemudian dia mendapati dirinya dan Leona sahabatnya adalah satu-satunya penyihir ungu saat itu (Ungu adalah derajat tertinggi), dia yang tak suka jadi pusat perhatian menjadi risih dan kurang senang akan kenyataan itu.

Kemudian dia menemukan buku sihir ibunya dan mencobanya, dia menyadari dia bisa melakukan sihir dengan baik, bahkan lebih baik dari siapapun, hal itu membuat dia merasa harus waspada. Selanjutnya ketika dia mendapatkan nama mentor pribadi yang harus mendidik ilmu sihirnya, Lily Margonite seorang anggota dewan yang licik, bahkan pernah memergoki dia jalan-jalan ke bumi lalu melapor pada guru di sekolahnya, dia menjadi ketakutan dan panik. Apalagi Beryl Danburitte pengasuh sekaligus gurunya mengatakan Lily jahat dan Zaria harus waspada.
Seiring kegiatannya berlatih sihir dan menghindari jebakan-jebakan sihir Lily, Zaria semakin sering berkunjung ke bumi melalui portal ilegal yang dibuat oleh ibu Leona di sebuah air terjun. Dia sangat tahu hal itu dilarang, tetapi dia tidak dapat menahan ketertarikannya terhadap bumi dan ketertarikannya berteman dengan Sam, seorang anak manusia berambut merah. Dia terlalu penasaran terhadap bumi karena orang-orang mengatakan kedua orang tuanya Cinna dan Gillead Tourmaline serta kakaknya Jett Tourmaline hilang di bumi dibunuh oleh manusia.
Semakin sering dia ke bumi dan menghindari Lily, masalah mulai mendatanginya bahkan juga teman-temannya. Mulai dari Leona sahabat sesama penyihir Ungu yang kehilangan tongkat sihir, Meteor jin penyihir Biru yang terkena mantra berlapis, serta Andanolus jin penyihir Merah yang merasa rendah diri diantara teman-temannya yang memiliki derajat sihir tinggi, hingga rahasia hilangnya kedua orangtua dan kakak laki-lakinya.

Komentar :
Kisah di buku ini cukup unik, temanya sebenarnya sama seperti fantasi pada umumnya, tetapi kita semua tahu meski mengusung tema sama mengenai peri-jin-kurcaci-makhluk gaib-manusia setiap buku mesti punya ciri khas masing-masing agar disukai dan Victoria Hanley mengusung keunikan tentang kehidupan peri dan jin di Feyland, sebuah dunia makhluk gaib yang jauh dari bumi dipisahkan oleh portal dengan mantra yang kuat. Disini dia juga menggambarkan bahwa sebenarnya makhluk gaib itu lemah dan takut terhadap manusia karena tekhnologi mereka sehingga bumi di klaim sebagai tempat berbahaya. Derajat seorang penyihir disini dibuat seperti kasta berdasarkan warna dengan merah terendah dan ungu tertinggi. Setiap babnya dimulai dengan pendahuluan dari buku sejarah yang ditulis oleh ahli sejarah Feyland sehingga pembaca tidak akan kebingungan tentang istilah yang akan mereka lihat.
Jalan ceritanya sama seperti fantasi pada umumnya sih, persahabat, cinta (aku lebih suka Zaria bersama Meteor daripada dengan Sam, rasanya lebih masuk akal dan tidak dipaksakan, hubungan antar-alam sudah mulai membosankan sekarang), konspirasi, dan rahasia-rahasia yang pada akhirnya hanya terungkap setengah. Tetapi cara penulis bertutur cukup menyenangkan, deskripsi lengkap membuat aku yang baca nyaman dan gak bingung ngebayangin keadaan Feyland (dan berharap punya sedikit aja kekuatan sihir agar bisa menembus portal menuju kesana) hihi.
Endingnya tenty saja melegakan, happy ending sih gak juga, kayak yang aku bilang, misteri yang terungkap cuma setengahnya, sisanya lagi enggak (atau belum) terungkap. Terus, si tokoh utama Zaria yang jadi bulan-bulanan berhasil membersihkan nama baik setelah melalui cara-cara sulit untuk meyakinkan orang dewasa yang selalu sok benar dalam segalanya.
Kurang tahu juga sih apakah ini tanda-tanda Victoria mau bikin sekuel, soalnya hal itu gak disinggung-singgung. Kalopun dia bikin, aku bakal dengan senang hati ngelanjutin beli dan baca sekuelnya. Sampai sekarang wajah Zaria yang bersayap ungu, Meteor yang berambut putih, Leona yang cantik dan elegan, serta Andalonus yang cekatan, Sam si manusia baik hati yang gak takut liat peri, mereka semua masih terngiang-ngiang dipikiranku, terutama Air terjunnya yang indah.
Buat yang suka fantasi dengan superhero cewek yang keren dan atraktif, cocok baca ini. Wajib diambil kalo ngeliat di toko buku yah. *nyengir*ngeliatin gigi.

2 komentar:

  1. punya link buat download eps ke 2nya gak gan?

    BalasHapus
  2. buku keduanya ada judulnya indigo magic, but I had bad news :( ufuk tidak menerbitkannya karna selling violet wings tidak bagus padahal ceritanya bikin penasaran pembaca menurutku

    BalasHapus