Selasa, 02 Oktober 2012

EON


Judul : EON
Penulis : Alison Goodman
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : Februari 2012
Halaman : 572 halaman




Resensi :
Eon, seorang gadis cacat yang menyamar menjadi laki-laki dan mengembangkan sisi maskulinnya demi mencapai cita-citanya menjadi punggawa naga (yang hanya boleh diikuti oleh laki-laki) dibawah didikan Lord Brannon, mantan punggawa naga Harimau, dia mengikuti pemilihan punggawa naga tahun itu untuk menjadi murid Lord Ido, Punggawa naga Tikus. Awalnya Eon tidak terpilih, naga tikus lebih memilih Dillon, sahabatnya untuk meneruskan jabatan punggawa naga tikus Lord Ido. Namun hal lain terjadi, Naga Kembar yang telah hilang selama 500 tahun tiba-tiba muncul di tahun naga tikus dan memilih Eon untuk menjadi punggawa naga kembar.
Lord ido yang bersekongkol dengan High Lord Sethon, saudara tiri kaisar, untuk merebut tahta, menjadi marah dan melancarkan banyak rencana licik untuk mengalahkan dan memperdaya Eon. Disamping itu, Eon yang langsung diangkat menjadi punggawa naga kebingungan oleh ketidakmampuannya menjadi punggawa tanpa seorang guru yang mengajari.
Ditemani oleh dua sahabatnya, Putri Della, seorang contraire kesayangan kaisar, dan Ryoko kasim penjaga Putri Dellan, Eon mengenal tatacara kehidupan istana sekaligus mengidentifikasi mana yang kawan dan mendukung kaisar dan mana orang-orang yang mendukung High Lord Sethon.
Pada satu malam, ketika rahasia besar Eon terungkap dan diketahui oleh Lord Ido, dia bertekad untuk mengaku dan mempertaruhkan nyawanya dihadapan pangeran. Pemberontakan pecah, kekacauan terjadi, istana porak-poranda, Pangeran Kyogo si pewaris tahta kaisar yang asli melarikan diri karena terancam dibunuh, seluruh pejabat istana beserta kesepuluh punggawa naga mati mengenaskan. Tersisa dua orang, Lord Ido dan Eona, sosok asli Eon, yang bersusah payah menyelamatkan teman-temannya dan dirinya sendiri.

Komentar :
Manusia yang baru muncul dari pertapaan lamaaaaa banget --__--"
*Emot mata berbinar-binar yang cantik gimana sih? 
Hehe. Eon adalah cerita fresh yang lain lagi, diusung oleh Alison Goodman dengan nuansa kebudayaan Cina serta mitos Naga yang sangat kental. Diambil dari kebiasaan kekaisaran jaman dulu, pertempuran perebutan tahta jadi terlihat amat mengenaskan. Keberadaan punggawa naga disitu juga begitu unik sampai aku yang baca jadi pengen ngerasain jadi punggawa naga sekali-sekali. Sekali-sekali doang sih, gak sampai kabur-kabur segala dikejar punggawa naga jahat -_-“.
Sosok Eon yang sangat dominan laki-laki tidak membuat dia kehilangan perasaan lembut dan takut alami seorang gadis muda yang rapuh, tetapi pantang menyerah.
Alison menawarkan kenikmatan baru dalam berkhayal tentang suasana istana dan segala tetek bengek pesta yang amat mewah dan membuat Eon tertekan. Secara pribadi aku sendiri sangat mengagumi sosok Eona sebagai seorang wanita yang kuat dibalik tubuh cacat dan kecil Eon.
Begadang sampai  jam 4 menghabiskan 572 halaman, cukup pantas untuk kisah yang memukai.
Empat jempols dech .... XD


By the way, tungguin resensi sekuelnya ya, EONA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar